SILABUS

 

Nama Sekolah                         :  ……………….                                                                                                                                                                                          Program                                  : Bahasa

Mata Pelajaran                        : Bahasa Arab                                                                                                                                                                                         Kelas                                       : XI

Semester                                 : 2

 

 

Standar Kompetensi

 

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Pengalaman Belajar

Indikator

Penilaian

Alokasi

Waktu

(menit)

Sumber/

Bahan/

Alat

1

2

3

4

5

6

7

MENDENGARKAN

 

Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Fasilitas Umum

 

 

.

 

 

1.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran ((kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan  membedakan secara tepat

 

Fasilitas Umum

 

  • Wacana yang memuat kosakata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema

 

 

 

  • Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
  • Menyebutkan kata-kata yang didengar
  • Menuliskan beberapa kata yang didengar.
  • Menentukan ujaran yang tepat melalui gambar

 

 

 

  • § Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
  • § Menentukan benar/salah ujaran yang didengar

 

 

Jenis Tagihan:

Tugas individu,  praktik, ulangan harian, ulangan umum

 

30 x 45’

38 x 45’

 

Buku Pelajaran Bahasa Arab

Artikel

Gambar-gambar

   

1.2     Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan  atau rinci dari berbagai bentuk wacana lisan sederhana secara  tepat

 

 

Qawaid:

  • Ism (kata benda, kata sifat, kata ganti, kata tanya)

 

  • Fi’il (kata kerja)

 

  • Al-Harf (harf jar)

 

  • Pola Kalimat (jumlah ismiyah dan jumlah fi’liyah)
 

  • Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media
  • Mendiskusikan isi wacana lisan
  • Menuliskan isi wcana lisan secara umum
  • Memaparkan isi wacana lisan secara umum
  • Mendiskusikan gambar-gambar sesuai wacana lisan yang diperdengarkan
  • Memaparkan makna gambar di depan kelas dalam kerja kelompok menggambarkan suatu aktifitas
  • Menentukan informasi yang didengar melalui gambar

 

 

  • Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan.

 

 

  • Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan.
  • Menentukan informasi rinci dari wacana lisan.
  • Mencocokkan gambar dengan wacana lisan.

 

 

Bentuk instrumen:

Pertanyaan lisan, Laporan tertulis, performen tes, pilihan ganda

melengkapi. R/F,

 
   

 

 

 

 

BERBICARA

Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

 

BERBICARA

2.1     Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat

 

 

2.2     Melakukan dialog  sederhana, dengan lancar,  yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat

   

  • Mengulangi/menirukan kata/frasa/kalimat dengan lafal dan intonasi  tepat
  • Melafalkan kata/kalimat di depan kelas
  • Mendiskusikan makna/isi gambar
  • Menyampaikan  informasi/hasil diskusi di depan kelas

 

 

 

 

 

  • Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas secara acak
  • Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
  • Melakukan percakapan sederhana, dengan teman sekelas/sebaya
  • Mewawancarai teman dari kelas yang berbeda
  • Menyampaikan/memaparkan data/hasil wawancara
  • Bermain peran
 

Berbicara

KD 1

  • § Menirukan ujaran dengan tepat

 

  • § Menyebutkan ujaran dengan tepat

 

  • § Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks

 

 

KD 2

  • Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
    • Menjawab pertanyaan

sesuai konteks

  • Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
  • Melakukan percakapan sesuai konteks

MEMBACA

Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

 

 

MEMBACA

3.1     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana, secara tepat

 

 

 

 

 

3.2     Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Memahami  bentuk dan tema wacana sederhana

 

 

 

 

 

 

 

  • Menentukan informasi umum/
  • Menentukan informasi tertentu
  • Menentukan kata kunci dari wacana tulis
  • Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana singkat dalam kerja kelompok

 

  • Menentukan informasi rinci dari wacana tulis

 

  • Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
  • Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis

 

  • Menyusun tulisan sesuai dengan gambar/bagan/

denah dsb

 

 

Membaca

KD 1

  • Menentukan bentuk wacana tulis

 

  • Menentukan tema wacana tulis

 

 

KD 2

  • Menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis.
  • Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana tulis
  • Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
  • Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
  • Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis

 

 

 

   

 

 

 

 

 

 

 

3.3     Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan  tepat

 

 

  • Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
  • Menjawab pertanyaan atas wacana tersebut

 

 

 

 

 

 

  • Membaca nyaring  kata, frasa dan kalimat  di depan kelas
  • Menyanyikan lagu sesuai tema

 

 

  • Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/

denah dsb.

 

  • Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis

 

 

KD 3

  • Melafalkan huruf dengan tepat
  • Membaca kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat

 

MENULIS

Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam

bentuk paparan atau dialog sederhana tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

 

MENULIS

4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

 

 

  • Menulis kata-kata berdasarkan gambar dalam kerja kelompok
  • Menulis kata-kata yang didiktekan guru
  • Menyusun guntingan frasa yang diacak menjadi kalimat dalam kerja kelompok
  • Secara individu menuliskan kalimat yang telah disusun di papan tulis.
  • Membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan

 

 

Menulis

KD 1

 

  • Menulis kata dengan tepat
  • Menulis frasa/kalimat dengan tepat

 

   

 

4.2 Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat  sederhana sesuai konteks, yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat

 

 

  • Menyusun guntingan frasa yang diacak menjadi kalimat dalam kerja kelompok

 

  • Secara individu menuliskan kalimat yang telah disusun di papan tulis.

 

  • Membuat kalimat dengan kata-kata yang disediakan
  • Membuat  wacana pendek

 

 

 

KD 2

  • Menentukan kosakata yang tepat sesuai konteks
  • Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
  • Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
  • Membuat wacana sederhana dengan tanda baca yang tepat
  • Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/

denah dsb.

 

 

 

 

Jakarta,  … Juni 2006

 

Mengetahui/menyetujui:                                                                                                                                                                                                                          Penyusun,

Kepala Sekolah,                                                                                                                                                                                                                                      Guru Bahasa Arab,

 

 

 

______________________                                                                                                                                                                                                                    ______________________

NIP.                                                                                                                                                                                                                                                         NIP.